Duka dan Bangga terhadapmu, Pungkas.


Pungkas Tri Baruno, Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta, 22 Juni silam, mendaki gunung McKinley yang merupakan gunung tertinggi di Amerika Utara. Meski bukan pendaki profesional, Pungkas berhasil mencapai puncak gunung di ketinggian 6.139 meter. Namun malang, dalam perjalanan turun dia jatuh pingsan. Resusitasi jantung yang dilakukan tim pendampingnya tak berhasil. Pungkas pun tewas di Gunung McKinley. Kematian Pungkas menambah deretan panjang pendaki yang tewas di Gunung McKinley. Pekan silam, seorang pendaki Amerika juga tewas. Sejak 1932, tercatat 102 orang kehilangan nyawa di gunung ini.

Medan Gunung McKinley Memang Berat & Mematikan

Kondisi medan gunung McKinley dinilai sangat berat dan mematikan. Meski musim pendaki seperti yang saat ini sedang berlangsung, seringkali badai muncul secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi sebelumnya. Kerasnya medan gunung McKinley, terlihat dari jumlah korban di gunung McKinley. Akhir Mei kemarin, dua pendaki asal Jepang juga dinyatakan hilang. Sampai saat ini, dua pendaki tersebut masih belum ditemukan. Diduga, keduanya telah tewas di belantara hutan gunung.

Anggota Komisi X DPR, Anwar Arifin mengatakan prihatin dengan kasus yang menimpa pendaki Pungkas Tri Baruno, mahasiswa jurusan Desain Interior Universitas Mercu Buana yang tewas usai mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung salju, McKinley, Alaska. “Kita sayangkan dan prihatin dengan kejadian itu,” kata anggota komisi bidang pendidikan, pariwisata dan olahraga dari fraksi Golongan Karya ini. Pungkas Tri merupakan satu dari empat tim Tim ekspedisi Tunas Indonesia Mount McKinley-Alaska dan Mount Vinson Massif – Antartica 2008.  Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan 100 tahun Kebangkitan Bangsa Indonesia serta 100 tahun Kepanduan Sedunia. Pungkas tewas di McKinley pada Selasa 8 Juli lalu. Hingga saat ini, jenazah Pungkas masih berada di Alaska. Dalam beberapa hari ini, rencananya akan dikirim pulang ke Indonesia. Diperkirakan jenazahnya akan tiba pada Senin 14 Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Posko Pemantau Musibah Gunung McKenley, Jatmiko, di kantor Kwarnas, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. “Kami perkirakan jenazah Pungkas akan tiba di Jakarta sekitar tanggal 14 Juli atau 15 Juli mendatang. Ini cukup lama karena proses evakuasi menggunakan jalur darat,” kata Jatmiko. Namun, dirinya enggan memastikan kapan jenazah tiba. Pasalnya, kondisi cuaca saat ini di McKinley tengah tidak bersahabat. “Cuaca sedang buruk dan tidak bersahabat. Kami akan terus berusaha agar secepatnya Pungkas dapat dievakuasi,” tandasnya. Djatmiko juga menambahkan selain, Pungkas terdapat pendaki asal Jepang yang saat ini juga diperkirakan hilang di Gunung Mckinley. Beberapa Rangers Park juga sedang menacari keberadaan orang Jepang diperkirakan dua orang.

Pungkas Tri Baruno merupakan anggota Tim Ekspedisi Tunas Indonesia yang dinyatakan tewas dalam pendakian di Gunung McKinley. Pungkas diberangkatkan Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional dan 100 tahun Gerakan Kepanduan Sedunia.

Pungkas lahir di Jakarta pada 11 April 1988, dengan tinggi dan berat badan 170 cm / 60 kg.

Dia tinggal di Jalan Teratai II/27 Larangan Indah – Larangan, Ciledug.

Berikut pengalaman kegiatan Pungkas,

  • 2000 Jambore Daerah DKI Jakarta 2000
  • 2002 Ekspedisi Gn. Salak
  • 2003 Ekspedisi Gn .Galunggung
  • 2004 Ekspedisi Gn. Gede
  • 2005 Panitia BTS SMAN 90 Jakarta

Pengalaman Organisasi

  • 2004-2005 Wakil Ketua remaja Prabu
  • Aktif Anggota Penegak Gerakan Pramuka Indonesia
  • Aktif Anggota Bicycle Club (Bike to Campus)

One thought on “Duka dan Bangga terhadapmu, Pungkas.

  1. Minta ijin untuk ambil beberapa paragraph berita pungkas untuk disebarkan pada beberapa teman. makasih semoga pungkas tidak pernah hilang dari hati kita, teman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s