Langkah terbaik untuk perpindahan Domain


Anda berencana untuk memindahkan halaman website atau blog anda ke alamat domain yang baru…? Kebanyakan webmaster mengemukakan bahwa ini adalah proses yang rumit dan sedikit menakutkan. Bagaimana anda dapat melakukannya tanpa mempengaruhi performa semula dari situs anda di mata Google search?

Target anda adalah membuat proses transisi menjadi mulus dan tidak diketahui oleh para rekan (user), dan untuk menginformasikan kepada Google bahwa page baru anda mendapat perlakuan sama seperti alamat domain yang lama. Ketika anda memindahkan situs anda, pesan 404 (File Not Found) error dapat mengecewakan para rekan (user) dan berdampak negatif terhadap performa situs ke Google.

Sekarang mari membahas tentang memindahkan alamat situs anda ke domain baru (sebagai contoh, merubah dari http://www.contoh.com ke http://www.contoh.org).

Ini adalah poin-poin utama:

  • Pertama lakukan pengetesan dengan cara memindahkan content dari satu directory atau subdomain. Kemudian gunakan 301 Redirect untuk me-redirect page tersebut dari situs lama ke situs baru secara permanen.
  • Setelah proses ini selesai, cek apakah page di situs baru anda muncul di hasil pencarian Google. Bila anda merasa pemindahan berjalan lancar, anda dapat memindahkan keseluruhan situs anda. Hindari untuk me-redirect keseluruhan situs lama ke Home page situs baru. Pesan 404 memang tidak akan ditampilkan, namun ini bukanlah langkah yang dianjurkan. redirect page-to-page (dimana setiap page dari situs lama akan di redirect ke halaman yang sama di page baru) akan sedikit lebih repot dan membutuhkan waktu, namun akan memberi user kesan konsisten terhadap situs anda.
  • Jika anda berencana memindah domain karena pembaharuan situs atau design ulang, anda sebaiknya melakukan dengan dua fase: pertama, pindah situs anda, kedua, naikkan design anda. Ini akan menjaga user anda tidak terganggu dengan penggantian situs, dan akan terlihat lebih mulus. Menjaga perubahan variabel menjadi minimal juga memudahkan pemecahan masalah jika terjadi kesalahan.
  • Cek dengan seksama External link dan Internal Link situs anda. Sewajarnya anda harus mengontak setiap webmaster situs yang mempunyai link ke situs anda untuk update link mereka ke domain anda yang baru. Internal link di dalam situs anda juga tak boleh luput dari perhatian, update link-link tersebut untuk menunjuk ke domain baru.
  • Untuk mencegah kebingungan, langkah terbaik adalah tetap memegang kontrol domain situs lama anda setidaknya 180 hari.
  • Tambahkan situs baru ke akun Webmaster Tools anda, dan verifikasi hak kepemilikan anda terhadap situs anda. Lalu buat dan submit sebuah Sitemap yang memuat URL yang terdapat di situs baru. Langkah ini akan menginformasikan Google bahwa content anda telah siap di situs baru.
  • Terakhir, verify kedua situs anda (situs baru dan lama) di Webmaster Tools, dan reviewlah crawl errors secara berkala untuk memastikan 301 dari situs lama berjalan lancar, dan situs baru tidak memunculkan pesan 404 errors.

Kami pun mengakui, perpindahan tidak akan pernah mudah – namun langkah-langkah tersebut seharusnya dapat membantu anda untuk menjaga reputasi situs anda jatuh saat proses pemindahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s