Pemadam Kebakaran


Akankah kamu dengan sepenuh hati menjalankan tugas masuk ke dalam bangunan yang sedang mengalami kebakaran? Akankah siap menerima risiko cedera…? Kalau siap, berarti kamu baru mungkin menjadi petugas pemadam kebakaran.
Pemadam kebakaran bertugas melawan api dan memadamkannya, di sebuah kilang minyak, bangunan kantor, kapal laut, hutan, dan banyak tempat lainnya. Selain itu, petugas pemadam kebakaran juga siap bertugas ke beberapa tempat darurat lainnya. Mereka menolong korban dari kecelakaan kereta api, jatunya pesawat udara. Mereka menolong orang-orang ketika gempa, banjir, atau serangan badai ganas. Risiko pemadam kebakaran sangat besar dalam menjalankan tugasnya.

Instansi PEMADAM KEBAKARAN
Di kota besar, instansi pemadam kebakaran punya banyak pos pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran selalu siap di posnya siang dan malam, siap untuk menjawab bila ada tanda kebakaran atau situasi darurat lainnya. Untuk pemadam kebakaran di kota, petugas pemadam kebakaran adalah pekerjaan full-time. Sebelum mereka diterima bekerja pada instansi pemadam kebakaran, haruslah mengikuti sekolah yang khusus. Mereka diajari keterampilan yang diperlukan untuk memadamkan api dan menjawab keadaan darurat lainnya. Banyak komunitas lebih kecil punya sukarelawan yang memadamkan kebakaran tanpa upah. Ketika ada tanda alarm berbunyi, sukarelawan pemadam kebakaran menuju ke pos pemadam kebakaran. Tenaga Sukarela Pemadam kebakaran memperoleh dasar latihan untuk menolong korban kebakaran dengan aman dan secara efektif.

BAGAIMANA PEMADAM KEBAKARAN MENGETAHUI LOKASI KEBAKARAN..?
Ketika alarm bunyi pada pos pemadam kebakaran, ini menandakan dari mana api tersebut berasal. Alarm lain bisa berupa detektor asap atau sensor panas. Mereka secara otomatis mengirimkan satu sinyal ke pos pemadam kebakaran ketika api terjadi tiba-tiba. Tapi bisa juga dilaporkan melalui telpon. Pemadam kebakaran segera berangkat menuju ke lokasi kebakaran, membawa alat-alat perlengkapan yang diperlukan.

PERLENGKAPAN APA SAJA YANG DIPERGUNAKAN PEMADAM KEBAKARAN ..?
Pernahkah kamu melihat mobil pemadam kebakaran menuju ke lokasi kebakaran..? Mobil pemadam kebakaran membawa air, pompa, jenjang, kaus, dan alat-alat perlengkapan lain ke lokasi kebakaran. Mereka juga membawa cairan kimia seperti dioksida karbon untuk pertolongan mengeluarkan korban dari kebakaran. Langkah pertama untuk memadamkan api adalah mencari akses untuk memperoleh banyak air. Walau begitu mobil pemadam kebakaran sudah membawa bekal air untuk memadamkan api, tapi bekal air di mobil pemadam kebakaran tidaklah banyak. Untuk alasan ini, tiap kota yang cukup besar memelihara sistem kebakaran dengan keran dalam sistem leding. Hidran biasanya berdiri di tiap-tiap seratus meter.
Mobil pemadam kebakaran mempergunakan pompa khusus, menghidupkan alat pemompa, untuk menyemprotkan air. Pemadam kebakaran menyertakan pompa mereka ke keran kebakaran. Mereka mengarahkan satu katup pada satu hidran untuk memperoleh aliran air. Alat pemompa mobil pemadam kebakaran adalah sangat kuat. Mereka dapat memancar 1,000 galon (3,800 liter) air tiap menit! Di daerah pedesaan yang tidak punya hidran, mobil pemadam kebakaran membawa kaus hisapan untuk mengambil air dari sungai dan genangan. Pemadam kebakaran juga membawa jenjang, axes, penyodok, cuplik, alabangka, balok penggempur benteng, gergaji kuat, dan alat lain. Mereka juga membawa Walkie-Talkie untuk komunikasi dengan petugas lainnya. Agar aman dan menahan panas, mereka memakai kedok gas dan pakaian yang bersifat melindungi dari api. Mereka memakai helm untuk melindungi dari kejatuhan benda-benda dari atas.
Untuk memadamkan kebakaran di sekitar air atau laut, pemadam kebakaran mempergunakan kapal pemadam kebakaran khusus. Kapal pemadam kebakaran mengatur siasat untuk kemudahan dan efektifitas. Mereka memompa air ke atas api secara langsung dari pelabuhan, danau, atau sungai.

MEMADAMKAN KEBAKARAN HUTAN
Pemadam kebakaran sering tidak mempunyai air yang cukup untuk memadamkan kebakaran hutan besar, sehingga mereka mempergunakan beberapa cara. Pemadam kebakaran berusaha menciptakan celah pada hutan tidak dapat diseberangi. Mereka menggali parit untuk menghadang api. Kadang kala mereka mengontrol api dengan membakar satu bagian dari hutan. Beberapa kebakaran besar memerlukan ribuan pemadam kebakaran untuk bisa mengendalikan secara baik dari objek kebakaran.

About these ads

11 thoughts on “Pemadam Kebakaran

  1. Ya, memang ini pekerjaan yang amat beresiko, dan di Indonesia bisa dibilang pahlawan tanpa tanda jasa. Risiko pekerjaan mereka makin besar karena api bukan benda yang bisa diajak kompromi atau diancam dengan senjata supaya menyerah. Di markas pemadam kebakaran Yogya, breathing apparatus harus dipakai bergantian, jumlah personel hanya 5 orang dari standar 8 per regu, mobil ladder belum ada, dan kancing depan jas anti apinya sudah tidak komplit.

    Saya membuat blog tentang pemadam kebakaran, masih cukup baru. Silahkan dilihat jika tertarik, http://www.ksatria-api.blogspot.com

  2. Aq sngat trksan skali dngn smua tntng prjlnn para pejuang pmadam kbakaran.jika ada ksmpatan aku pun berharap bs jd anggota stuan pmdam kbkrn tsbt.

  3. tipe mesin tohatsu v 80
    mengalami kerusakan bila mesin beroperasi tembakan air tidak mencapai 80 psi dan hanya mencapai kira=kira 10 psi saja.
    kira-kira mesin atau pompanya yg rusak ?

    chief

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s